Program S2 Magister Administrasi Rumah Sakit Universitas Indonesia (UI) Jakarta
Program S2 Magister Administrasi Rumah Sakit Universitas Indonesia (UI) Jakarta
Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit (Gelar MARS)
Alamat PS : Gedung F Lantai 1 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Depok – Jawa Barat 16424
No. Telepon PS : (021) 7864974
No. Faksimili PS : (021) 7867370
Visi Program Studi KARS
Menjadi program studi administrasi perumahsakitan berbasis research yang menjadi acuan standar nasional.
Misi Program Studi KARS
- Menyelenggarakan pendidikan administrasi perumahsakitan berbasis kompetensi internasional untuk pengembangan perumahsakitan di Indonesia;
- Menyelenggarakan pendidikan administrasi perumahsakitan yang mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan pelayanan rumah sakit dan kesehatan masyarakat Indonesia serta kemanusiaan;
- Menyelenggarakan pendidikan administrasi perumahsakitan yang mengacu pada Tri Dharma Peguruan Tinggi dan berbasis evidence based.
Tujuan Program Studi KARS
- Meningkatkan mutu pendidikan administrasi perumahsakitan yang mendorong peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia;
- Menghasilkan lulusan administrasi perumahsakitan yang mampu berpikir secara ilmiah, memecahkan masalah, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan keilmuan, teknologi, dan lingkungan;
- Menghasilkan karya ilmiah atau penelitian-penelitian yang berguna bagi perkembangan administrasi perumahsakitan.
Struktur Kurikulum Berdasarkan Urutan Mata Kuliah (MK) Semester Demi Semester
Smt | Kode MK | Nama Mata Kuliah(1) | Bobot SKS | Unit/ Jur/ Fak Penyelenggara |
---|---|---|---|---|
(1) | (2) | (3) | (4) | (10) |
I | KMU62006 | Kesmas Intermediet | 2 | Departemen AKK |
KMB62007 | Biostatistik Intermediet | 3 | Departemen Biostatistik | |
KME62008 | Epidemiologi Intermediet | 3 | Departemen Epidemiologi | |
KMA63009 | Kebijakan Kesehatan | 2 | Departemen AKK | |
KMA63077 | Kepemimpinan Strategis dan Berpikir Sistem | 2 | Departemen AKK | |
KMA63059 | Organisasi dan Manajemen RS | 2 | Departemen AKK | |
II | KMA63051 | Metodologi Penelitian | 2 | Departemen AKK |
KMA63023 | Perilaku Organisasi dan Manajemen SDM OPK (RS) | 2 | Departemen AKK | |
KMA63078 | Ekonomi Kesehatan OPK (RS) | 2 | Departemen AKK | |
KMA63074 | Manajemen Keuangan OPK (RS) | 2 | Departemen AKK | |
KMA63030 | Hukum dan Etika Kesehatan di OPK (RS) | 2 | Departemen AKK | |
KMA63034 | Manajemen Risiko dan Penjaminan Kualitas di OPK (RS) | 2 | Departemen AKK | |
KMA63079 | Manajemen Strategis Pemasaran OPK (RS) | 2 | Departemen AKK | |
III | KMA63033 | Manajemen Logistik OPK (RS) | 2 | Departemen AKK |
KMA63054 | Corporate and Clinical Governance in Health Care (OPK/RS) | 2 | Departemen AKK | |
KMA63052 | Manajemen Pelayanan Pasien dan Keperawatan | 2 | Departemen AKK | |
KMA63041 | Residensi di OPK (RS) | 2 | Kerja sama dengan Rumah Sakit | |
KMA63080 | Manajemen Sistem Informasi RS | 2 | Departemen AKK | |
IV | KMA62005 | Tesis | 4 | Departemen AKK |
Total SKS | 42 |
Agenda dan Judul Penelitian Dosen Sesuai Bidang Studi
No. | Nama Dosen | Agenda Penelitian | Judul Penelitian | Keterlibatan dengan Jaringan Penelitian* |
---|---|---|---|---|
1. | Prof. dr. Purnawan Junadi, MPH, PhD | Riskesdas | Riset Kesehatan Dasar Tahun 2010 | Kementrian Kesehatan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan |
Riskesdas | Validasi Riset Kesehatan Dasar Tahun 2010 | |||
Riskesdas | Validasi Riset Kesehatan Dasar Tahun 2011 | |||
Asuransi Kesehatan | Kajian Sosial Ekonomi dan Besaran Premi dalam Pelaksanaan Asuransi Kesehatan untuk Pekerja Informal di Indonesia | – | ||
Kesehatan Masyarakat | Penanggulangan Daerah Bermasalah Kesehatan | – | ||
2. | Prof. dr. Hasbullah Thabrany, MPH, Dr.PH | Kesehatan Masyarakat | Prevalence of Metabolic Syndrome in Older Indonesians | Asian Pasific Journal of Public Health |
3. | Dr. drg. Yaslis Ilyas, MPH | SDM | Studi pengembangan system informasi manajemen SDM Provinsi Papua 2010 | Badan Pengembangan SDM Provinsi Papua |
Lokasi FKM UI beralamat di Jl. Lingkar Kampus Raya Universitas Indonesia, Kota Depok Jawa Barat, 16424 Tel. 021-7864975 fax 021-7864975 terdiri dari beberapa gedung,
Untuk mewujudkan visi dan misi FKMUI serta melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar diperlukan sarana pendukung yang memadai untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sarana pendukung yang dimiliki dan terus dikembangkan oleh FKMUI dan dapat dimanfaatkan oleh semua program studi yang ada di lingkungan FKMUI antara lain:
- Ruang kuliah
- Perpustakaan
- Ruang Seminar dan Rapat
- Fasilitas Hot Spot (Wi Fi)
- Lapangan Olah Raga
- Kantin
- Musholla
- Taman Belajar
- Unit Mahasiswa dan Alumni (Mahalum)
- Laboratorium ;Laboratorium Gizi
erupakan salah satu sarana yang dimiliki oleh Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat. Pada awalnya peralatan di laboratorium gizi yang merupakan sumbangan dari USAID adalah peralatan untuk pengukuran antropometri dan untuk penimbangan bahan makanan. Dengan bantuan proyek CHN III, laboratorium gizi menambah peralatan untuk analisis bahan makanan secara kimia, pemeriksaan biokimia dan komposisi lemak tubuh.
Laboratorium Komputer
FKM telah menyiapkan laboratorium komputer untuk kebutuhan pendidikan mahasiswa dari program S1, S2 dan S3. Disamping untuk praktikum juga disediakan ruang akses internet bagi mahasiswa untuk penelusuran arsip seperti digital library, jurnal elektronik, dan lain-lain.
Laboratorium Kesehatan Lingkungan (Lab. KL)
Laboratorium Kesehatan Lingkungan dikelola oleh Departemen Kesehatan Lingkungan, terdiri dari unit-unit Kualitas Udara, Air, Mikrobiologi dan Uji Biologis (Bioassay). Dengan menggunakan direct reading instrument Laboratorium KL mampu mengukur lebih dari 30 parameter kualitas air di lapangan secara langsung.
Laboratorium Teknologi Pendidikan dan Komunikasi Kesehatan(Lab.TPKK)
Laboratorium ini digunakan untuk mendukung pengembangan dan produksi media sehingga mahasiswa mampu merancang, mengembangkan dan menghasilkan berbagai media seperti poster, fotografi, slide bersuara, transparansi, leaflet, booklet, dan lain-lain
Laboratorium Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Lab. K3)
Laboratorium K3 dikelola oleh Departemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Selain kegiatan perkuliahan, laboratorium ini juga digunakan oleh para pengajar untuk memberikan pengarahan kepada mahasiswa sebelum mengambil sampel dan demonstrasi alat yang digunakan dalam pengambilan sampel. Di samping itu, Laboratorium K3 memfasilitasi penelitian yang terkait di bidang K3 dengan menjalin kerjasama dengan pihak luar dalam bentuk peminjaman peralatan.
Untuk mendukung kegiatan praktikum maupun penelitian Laboratorium K3 memiliki peralatan antara lain untuk mengukur kebisingin, temperatur, pencahayaan, heat stress, antrophometric, dan lain-lain.
Laboratorium Sumber Daya Manusia
Laboratorium ini dikelola oleh Departemen PKIP serta digunakan dalam pendidikan, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia.
Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UI.